Afirmasi dan Penguatan

Hari ini Danisy ikut pesantren kilat sampai besok. Ini kali pertama baginya, sekaligus tentu saja menjadi kali pertama bagi Ummi.

Kali pertama dalam arti, pergi ke sebuah acara yang kegiatannya mengharuskan menginap tapi penyelenggaranya bukan pihak sekolah. Jadi ya agak deg-degan sih.

Sebab pesertanya juga sebagian besar tentu Danisy tidak kenal. Mau update, minta sama siapa? Mau nengok, jauh. Bismillah aja deh. Emak mesti yakin dan tawakal sama Allah biar lebih tenang ke semua pihak. Anggap aja bayangan kalau kelak anak-anak merantau.

Saat Danisy packing mempersiapkan keperluannya sendiri, Ummi bilang “belajar packing, biar suatu saat kalau Aa..” belum sempat menyelesaikan kalimat, Danisy menyambut “keliling dunia..” Ummi tersenyum mendengar ucapan Danisy lalu melanjutkan kalimatnya “Aa udah bisa (packing)

Iya, kalimat seperti itu memang sering saya ulang. Setiap kali mengajarkan anak-anak sesuatu, saya selalu coba kaitkan dengan perintah Allah (jika ada) dan impian besar.

Seperti misalnya tentang berkeliling dunia. Kadang suka bilang “Siapa tau nanti Aa, Mas ada kesempatan keliling dunia, melihat keagungan Allah di banyak tempat, mengambil pelajaran dari kisah terdahulu, menjejakkan kaki di bumi Allah yang luas. Kayak yang suka dibilang di Quran. AlQuran nyuruh kita bertebaran di muka bumi. Kurang lebih itu nyuruh kita keliling dunia, minimal keliling Bandung dan keliling Indonesia.” biasanya saya lanjut dengan mengucapkan potongan ayat yang saya ingat.

Ini mah catatan aja tentang ayat-ayat yang menyebutkan kalimat “fantasyiru fil ardh”

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَا نْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَا بْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
“Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.” (QS. Al-Jumu’ah 62: Ayat 10)

Dan ayat peringatan serta pembelajaran dengan kalimat perintah yang serupa seperti di surah Ali Imran ayat 136, An-Nahl ayat 36, An-Naml ayat 69, Al-Ankabut ayat 20, Al-Muzzammil ayat 20.

Makanya kadang anak-anak sampai hafal kayaknya Ummi bakal ngomong apa. Gapapa deh dibilang suka mengulang-ulang juga. Saya ingin ucapan baik yang mereka dengar menjadi doa, afirmasi dan penguatan keimanan. Bahwa setiap hal yang mereka lakukan mestilah hal baik, dan hal baik itu mestilah menambah mereka semakin dekat dengan Allah atau semakin kuat imannya.

Wallahu a’lam

Salam hangat, Esa Puspita
Great Family Activator
Licensed STIFIn Promotor and STIFIn Trainer
Follow instagram @esapuspitaFacebooktwitterpinteresttumblrinstagram

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: