Anak Unik dan Berpola

Anak Unik dan Berpola

Pak, kenapa anak kita tidak seperti anak sebelah ya. Dia selalu ranking 1 sejak kelas 1, anak kita ranking 5.

Sayang, ayo bersiap untuk les menari. Ibu sudah bayar mahal-mahal, kalau ga berangkat besok ga ibu kasih uang jajan.

Pernah mengirimkan paket? Petugas selalu bertanya: “apa isi paketnya?” Supaya apa? Agar tepat cara memperlakukan dan harus jelas alamat tujuan agar sampai di tempat tepat.

Orang tua ibarat kurir yang menerima titipan paket lalu mengantarkannya ke tujuan. Pernahkah kita bertanya “apa ‘isi’ anak kita?” Atau jika anda seorang guru, pernahkah bertanya hal serupa?

Jika pernah, SELAMAT! Anda luar biasa!

Mengetahui “isi” mengantarkan kita pada gairah untuk mengetahui “treatment” apa yang tepat. Tak ada anak yang nakal ataupun bermasalah. Seringkali kita, orang tuanya, orang terdekatnya yang bermasalah karena tak paham.

Setiap anak itu UNIK.

  • Anak lahir dalam keadaan fitrah

Asuh anak dengan tetap menjaga fitrahnya itu.

  • Anak lahir sebagai pemenang

Dari jutaan sel sperma ayah, hanya satu yang menjadi PEMENANG dan berhasil membuahi sel telur ibu. Allah sudah pilihkan BIBIT TERBAIK di pertempuran alami, di awal kehidupan sang anak.

  • Anak pantang menyerah

Perhatikan tumbuh kembang anak. Saat ia belajar berjalan misalnya, kala ia terjatuh apakah ayah bunda pernah memintanya BERHENTI mencoba? Tanpa disuruh, anak akan kembali bangkit dan mencoba BELAJAR kembali untuk berjalan. Betapa PANTANG MENYERAHnya mereka. GA gampang PUTUS ASA.

  • Anak mahal

Di lingkungan kita, anak disebut MAHAL ketika ia lahir dengan perjuangan dan dana yang tak sedikit. Sedang anak yang lahir dengan lancar, normal dan mudah cenderung tidak dilabeli demikian. Padahal..

Bersediakah anda menjual salah satu bagian tangan maupun organ anak dengan harga bermilyar-milyar?

“Teh, anak mah kan tak ternilai harganya.” Kalau begitu, buktikan pada-Nya bahwa ia memang tak ternilai.

Mengapa Anak Tidak Hebat?

Jika setiap anak UNIK dan ISTIMEWA, kenapa tidak semua HEBAT? Misal, dalam satu kelas hanya 10 orang yang diberi “gelar” hebat. Apakah yang lainnya berarti biasa saja atau malah dikatakan “gagal”?

Anak adalah individu yang unik, butuh perlakukan BERBEDA sesuai keunikan dan keistimewaan mereka. Sekelompok bunga yang terdiri dari kaktus, mawar, tulip, dll. Ibarat anak kita. Mereka sama-sama bunga. Indah, unik dan memiliki keistimewaan masing-masing.

Apa yang terjadi jika kita memperlakukan mereka semua sama? Semakin indah kah atau sebagian dari mereka malah layu?

Kenali keunikan dan keistimewaan anak. Pahami dan bimbing agar ia hebat berdasarkan keunikannya. Pahami JENIS BENIH apa anak kita agar tahu TUJUAN dan CARA membesarkan dan merawatnya. HEBAT di bidangnya.

Keunikan itu Berpola

Memahami anak perlu pendekatan personal individual. Ada milyaran manusia di muka bumi, berarti ada milyaran jenis manusia? Duh, pusing mempelajarinya Teeehh..

Tenaaaangg..

Jika teman-teman perhatikan, meski setiap orang itu unik tapi ternyata keunikan itupun ada POLAnya. Pola inilah yang dapat membantu kita mencari tahu cara efektif apa untuk menangani anak-anak.

2 pola yang tampak pada anak diantaranya: gender dan personality genetic

Gambaran perbedaan gender

Surah Ali Imran ayat 36: “tidaklah laki-laki itu (sama) seperti perempuan.” Merupakan salah satu ayat utama yang menerangkan bahwa laki-laki dan perempuan meski sama-sama manusia tapi keduanya memiliki pola yang berbeda baik dalam hal cara berpikir maupun bertindak.

Secara umum perbedaan gender ini diantara yang jelas nampak adalah:

  1. Jenisnya
  2. Bentuk dan rupa
  3. Sifat dan tabiat
  4. Suaranya
  5. Gerak dan tingkahnya
  6. Kehalusan dan kelembutannya
  7. Pemalunya dan selalu menunggu atau tidak mendahului
  8. Kekuatan dan kemampuan fisiknya
  9. Kekhususannya

Barangsiapa yang mengubah ciptaan Allah dan menyerupainya satu sama lain, maka akan tumbuh rasa tak nyaman karena menyalahi fitrah dan pola yang ditentukan. Kalaupun ada yang bilang nyaman, hati kecil tidak bisa dibohongi.

Maka terapkan POLA tersebut dalam mendidik anak. Didik anak lelaki menjadi LELAKI TANGGUH dan asuh anak perempuan menjadi WANITA SEJATI. Pendidikan gender sejak dini sangat diperlukan (setidaknya di usia 3 tahun anak sudah harus betul-betul paham bahwa dia laki-laki/perempuan).

Gender mengacu pada peran berdasarkan jenis kelamin (non-biologis dan non-fisiologis). Jika tidak diajarkan maka akan muncul DISORIENTASI GENETIK.

Didikan terhadap pola ini pula menjadi penguat banteng pertahanan seseorang, menjadi bagian dari jati dirinya. Bagaimana menguatkan banteng pertahanan ini? Pahamkan, tanamkan dan biasakan serta jadikan tanggung jawab dunia akhirat tentang kodrat diri sebagai laki-laki dan perempuan dengan segala konsekuensinya.

Orang tua bertanggung jawab menginput dan menjaga orientasi anak-anak sesuai hukum agama dan norma sosial. Gender menjadi POLA termudah yang bisa diaplikasikan.

 Gambaran perbedaan Personality Genetic

Pernah nonton sebuah acara atau baca sebuah cerita tentang karakter dan tipe seorang anak lalu kita bilang “ih, mirip sama anakku”? dari situ kita tahu ternyata keunikan manusia itu ada PERSAMAANnya. Dimana letak persamaannya?

  1. Anak saya seneng banget gerak. Kalau belum capek, ga akan berhenti. Berkali-kali ganti baju karena basah akibat keringat. Tidur siang? Tantangan banget! Dia lebih senang bermain dan bergerak tanpa henti.
  2. Anak saya kalau diminta melakukan sesuatu yang sederhana sekalipun begitu lamban. Entah apa yang dipikirkannya. Nanyaaaa terus kenapa begini begitu. Bahkan untuk urusan yang simple, ditanya sebab akibatnya. Sepertinya dia tak mengerti perasaan saya, mudah mengkritik sesuatu yang tak pas dengan pendapatnya.
  3. Anak saya pecinta superhero. Seringkali bertingkah seperti tokoh khayalannya, tampak asyik sendiri bicara dengan mainannya seolah mereka nyata dan hidup. Barang-barang di rumah banyak yang dibongkarnya sehingga rusak tak karuan.
  4. Anak saya cengeng dan mudah ngambek. Aduh ampun deh kalau sudah ngambek ga lihat suasana. Ga lihat lagi dimana, kapan aja bisa bikin saya malu setengah mati. Makin saya marahi malah makin melancarkan aksi pembalasan dalam bentuk amukan yang lebih parah. Tapi kalau hatinya sedang baik, dia begitu manis. Tak jarang saya dapat surat cinta darinya.
  5. Anak saya senang sekali ke masjid, cepat menangkap irama lagu. Tapi ketika ada hal yang tak pas di hatinya, saya bisa terkaget-kaget dengan kemarahannya yang meluap secara spontan.

Anak anda ada diantara 5 ciri tersebut? Walaupun unik dan istimewa ternyata ada kemiripan dari setiap kepribadian anak karena bisa jadi ada hal yang sama dari mereka yaitu memiliki pola PERSONALITI GENETIK yang sama.

Observasi!

Maka, yang perlu dilakukan setelah memikirkan “aku/anakku mirip yang mana ya?” adalah didik mereka berdasarkan pola-pola itu untuk membantu memudahkan kita membangun pribadinya.

  1. Jika anak anda seorang yang aktif, jangan suruh dia diam seketika. Beri kegiatan yang membuat energi besarnya tersalur.
  2. Anak pendiam dan senang bertanya banyak hal, jawab pertanyaannya dengan baik jangan asal-asalan, dan tak usah memaksa dia menjadi seorang yang cerewet sebab ia pasti akan cerewet untuk hal-hal yang ia sukai.
  3. Anak yang senang bongkar-bongkar dan berimajinasi, temani agar kebiasaan bongkarnya kelak jadi kemampuan bongkar plus pasang.
  4. Anak yang cengeng jangan dikasari, bisa jadi kelak menjadi sastrawan ataupun penulis novel dimana pembacanya bisa bercucuran air mata.
  5. Anak yang suka dengan sesuatu yang spontan, bisa jadi kelak akan menjadi seorang aktivis yang responsive.

Perhatikan pola yang ada pada diri anak kita. Didik ia dengan benar berdasarkan keunikan sekaligus kesamaan setiap anak.

Tools yang bisa digunakan untuk tahu pola personality genetic anak, silakan kontak saya.

Jika anak dididik sesuai bawaan genetika dan fitrahnya, maka ia dapat memiliki benteng yang cukup kuat. Sehingga tumbuh pribadi-pribadi yang sudah “selesai” dan bahagia dengan dirinya. Ia akan dengan mudah memberi manfaat luar biasa bagi masyarakat.

Selamat mengenali pola anak. Setidaknya ada 5 pola berdasarkan mesin kecerdasan, 9 pola personaliti genetik dan 2 pola jenis kelamin. Observasi lalu optimalkan.

Salam hangat, Esa Puspita
Great Family Activator
Licensed STIFIn Promotor and Certified Trainer STIFIn
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru. Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Satu pemikiran pada “Anak Unik dan Berpola

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: