Aqil dan Gajah

Kisah ini pernah saya dengar entah sejak kapan. Hari ini saya diingatkan kembali melalui free ebook dari MuslimKecil.com yang berjudul sama, Aqil dan Gajah.

Kisah ini bercerita tentang seorang pemuda dari Andalusia bernama Yahya bin Yahya. Lalu apa hubungannya dengan Aqil apalagi gajah? Berikut kisahnya.

gajah

Tersebutlah seorang pemuda dari Andalusia bernama Yahya bin Yahya. Ia adalah pemuda yang tekun menuntut ilmu. Yahya sangat bersemangat dalam menuntut ilmu.

Yahya merupakan salah satu murid dari Imam Malik r.a. Setiap kali ia mengikuti pelajaran dari Imam Malik, ia mendengarkan dengan seksama dan serius sekali. Karena ketekunan dan keseriusannya inilah ia diberikan ilmu oleh Allah untuk dapat memahami berbagai ilmu agama yang disampaikan oleh Imam Malik. Imam Malik pun kagum terhadap kepribadian dan kepandaian Yahya bin Yahya.

Satu ketika, saat Yahya bin Yahya dan teman-teman lainnya sedang duduk dalam majelis tiba-tiba terdengar seseorang berkata, “Hei, ada gajah!” Sontak seluruh murid Imam Malik pun menoleh dan keluar untuk melihat gajah tersebut. Akan tetapi, Yahya bin Yahya tidak demikian. Ia tetap duduk di tempatnya dan fokus pada Imam Malik.

Imam Malik pun heran, “Mengapa kamu tidak ikut melihat gajah itu? Di Andalusia tidak ada gajah.” tanya Imam Malik pada Yahya. Yahya pun menjawab dengan tenang, “Aku datang ke sini jauh-jauh dari negeriku untuk melihat anda, belajar ilmu dari anda. Aku tidak datang ke sini untuk melihat gajah.”

Imam Malik takjub dengan kesungguhan Yahya bin Yahya. Beliau takjub mendengar jawaban Yahya bin Yahya sehingga beliau memberikan Yahya bin Yahya julukan: ‘Aqil Ahli Andalus.

Sungguh pelajaran berharga untuk menghargai majelis ilmu dan bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu. MaSyaAllah.

Kisah ini rencananya akan saya ceritakan pada anak-anak. Sayangnya saat ini mereka sedang bersilaturahmi ke neneknya.

Semoga bisa jadi tambahan cerita sebelum tidur ^_^

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru. Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *