Masak = Life Skill

Masak = life skill? Kayaknya semua sepakat ya. Meskipun di jaman kiwari ga bisa masak masih sangat bisa hidup. Sebab ada penyedia daring 😆

Yah, meskipun namanya life skill tuh bukan cuma soal kemampuan masaknya tapi hikmah di balik itu.

Nah, yang mau saya ceritakan ya itu. Bukan masak terkait dengan keterampilan hidup melainkan keterampilan tentang kehidupan 😁

Baca SelengkapnyaMasak = Life Skill

Salam hangat, Esa Puspita
Great Family Activator

Inspirasi Ummu Sulaim Bagi Para Perempuan Muslim

Satu ketika ingatan saya tiba-tiba memanggil kembali kisah indah yang pernah terjadi jaman dahulu kala. Tentang seorang istri yang darinya saya belajar bagaimana menyambut suami sepulang ke rumah dan menghadapi takdir yang pahit dengan demikian tenang.

Adalah Anas bin Malik menceritakan kisah tentang ibundanya, kala satu ketika mengalami sebuah kondisi dimana putranya Abu Umair jatuh sakit hingga parah. Sang suami, Abu Thalhah, amat khawatir akan keadaan sang anak. Namun, Abu Thalhah harus keluar karena satu keperluan dan meninggalkan sang istri beserta anaknya.

Baca SelengkapnyaInspirasi Ummu Sulaim Bagi Para Perempuan Muslim

Salam hangat,
Esa Puspita
Great Family Activator

Tantrum

Ada berbagai variabel penyebab kenapa anak tidak bersikap sesuai harapan.

Jika didasarkan pada fitrah, maka ada fitrah yang tak tumbuh dengan baik.

Jika melirik kembali pendidikan islam, ada fase yang terlewat atau tahapan yang tak terlampaui.

Baca SelengkapnyaTantrum

Salam hangat,
Esa Puspita
Great Family Activator

Hadiah untuk Diri Sendiri

Kenaikan kelas, pembagian rapor seringkali satu diantara banyak momen yang kita jadikan ajang untuk memberikan hadiah pada anak sebagai apresiasi atas pencapaiannya dalam satu semester atau satu tahun ajaran. Mengetahui proses yang sudah dilewati anak dan melihat perkembangannya dalam periode tersebut membuat kita ingin memberikan sesuatu pada anak.

Akhir tahun, awal tahun menjadi momen pemberian hadiah pada karyawan atas apa yang dialami perusahaan dalam setahun terakhir. Dan anniversary seringkali juga menjadi momen saling memberi hadiah pada pasangan.

Lalu.. adakah momen tertentu yang dijadikan waktu khusus untuk mengapresiasi dan memberi hadiah pada diri sendiri? Atau mungkin dalam setiap pencapaian tertentu, kita memperhatikan progress diri sekecil apapun dan memberikan diri sendiri hadiah yang membuat hati senang?

Baca SelengkapnyaHadiah untuk Diri Sendiri

Salam hangat,
Esa Puspita
Great Family Activator

Menerima Pujian

Dear kawan, pernahkah satu ketika ada seseorang memuji diri atau anak-anak?

Biasanya, budaya yang terbentuk di sebagian besar wilayah Indonesia membuat orang di negeri ini dengan unggah-ungguhnya cenderung membuat kita merendah, ya? Misal, satu saat ada yang mengatakan “ih anaknya baik-baik ya. Pada nurut sama ibunya.

Kita yang tahu betul “aslinya” anak-anak yang tak selamanya akur dan penurut, umumnya reflek menjawab “ah, ngga juga Bu. Sama aja. Ada waktunya mereka ga nurut juga, ada waktunya mereka juga berantem. Sama aja lah kayak anak-anak ibu.

Saat menulis ini, saya tiba-tiba merenung.

Baca SelengkapnyaMenerima Pujian

Salam hangat,
Esa Puspita
Great Family Activator

Catatan Parenting: Ikhtiar Kita, Bukan Segalanya

Pernah denger hasil ga akan mengkhianati proses? Saya pribadi sering mendengar atau membacanya dalam berbagai kesempatan.

Namun, pastikan kalimat itu tidak dimaknai: kalo prosesnya maksimal, pasti berhasil! Sebab jika demikian, maka sama saja kita menjadikan proses yang dilalui sebagai Tuhan baru, yang Maha Menentukan.

Lagipula, kepastian dari sebuah ikhtiar akan membawa pada ketakutan dan ketidakpuasan ketika hasilnya ternyata tidak sesuai harapan. Padahal..

Baca SelengkapnyaCatatan Parenting: Ikhtiar Kita, Bukan Segalanya

Salam hangat,
Esa Puspita
Great Family Activator

Hai!

Hai semuanya. Wah lama banget saya ga nulis disini ya. Jadi ceritanya, beberapa waktu lalu terkendala error terus setiap kali mau posting sesuatu. Bahkan blog ini ga bisa diakses oleh siapapun. Rupanya memori si hosting yang mewadahi blog ini penuh sehingga yang ada error terus. Ibaratnya, dia hang. Terlalu penuh >_< Alhamdulillah temen yang bantu … Baca SelengkapnyaHai!

%d blogger menyukai ini: