Sop Iga ala UmDA

Semalam memutuskan hari ini mau olah daging yang didapat saat idul adha kemarin. Maka, pilih secara acak keresek yang ada di freezer. Maklum, ini dapet jatah dari adek sama mamah jadi ga tau juga isinya apa karena saat pembagian jatah, kami sekeluarga sedang mudik ke rumah mertua jadi oleh adik bungsuku langsung dimasukkan freezer.

Setelah semalaman dipindah dari freezer ke bagian bawah untuk defrost, pagi-pagi cek masih beku. Rupanya sama anak-anak tingkat dingin kulkas dibuat maksimal 😁

Akhirnya eksekusi baru dapat benar-benar dilaksanakan menjelang ashar. Setelah ke warung membeli bahan yang sekira dibutuhkan.

Bahan:

  • 6 potong Iga sapi
  • 4 buah Wortel
  • Seperempat bagian Kol
  • 1 butir tomat, potong 8 atau 12.
  • Garam secukupnya 
  • 1 Kayu manis 
  • 1 batang Seledri
  • 2 batang Daun bawang, iris sekitar ukuran 1 cm.
  • Jahe sekitar 1 ruas jari, geprek.
  • Air untuk merebus

Bahan yang dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih 
  • 4 siung kecil bawang merah 
  • 6 butir biji merica (atau sesuai selera)

Cara memasak:

  1. Rebus iga selama sekitar 1 jam, buang airnya. Lalu rebus kembali sekitar 15 menit. Gunakan api kecil.
  2. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan ke dalam rebusan iga.
  3. Masukkan jahe geprek dan kayu manis ke dalam rebusan iga.
  4. Tambahkan garam.
  5. Masukkan wortel, tunggu hingga cukup empuk. Jika ada kentang, bisa dimasukkan bareng wortel.
  6. Masukkan kol.
  7. Setelah kol dirasa cukup matang, tambahkan potongan tomat, seledri dan daun bawang. Tunggu sebentar lalu matikan api.

Saran dari teman: gunakan cengkeh agar kuahnya lebih segar. Sayangnya tadi cengkehnya di warung ga ada. Tapi rasanya sudah cukup dan iganya juga empuk. Alhamdulillah suami dan anak-anak suka.

Selamat mencoba 😉

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.

Chicken Stick Alaala

Bekal Danisy. Nasi plus Stick Ayam (begitu seharusnya judul lauk di buku Pak Wied. Huehehe). Mirip sama Chicken Katsu yang pernah dibuat sih perasaan mah.

Bahan:

  • 1/2 kg Daging ayam iris tipis membentuk stik (total di bawah setengah kilo setelah bagian dada ini dibuang tulang dan kulit. Atau bisa juga pake fillet)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 butir lemon/jeruk nipis
  • Tepung roti
  • Tepung bumbu
  • Garam

Chicken Stick

Cara Masak:

  1. – Lumuri daging ayam dengan perasan jeruk lemon, taburkan garam hingga merata dan tambahkan parutan bawang putih. Diamkan selama 15 menit (kurleb).
    Tulang dan kulit saya bumbui bareng supaya nanti tinggal olah aja.
  2. Cairkan tepung bumbu dengan air es
  3. Gulirkan ayam ke tepung bumbu
  4. Gulingkan ke tepung roti hingga merata.
    (Untuk “kulit” lebih berasa, setelah digulingkan ke tepung bumbu basah, gulingkan ke tepung bumbu kering, balik gulingkan ke tepung bumbu cair, baru ke tepung roti)
  5. Simpan di wadah yang sudah disediakan.

    Goreng ayam di minyak panas, dengan api sedang hingga kecoklatan.
    Nasi bento sederhananya bukan dari beras khusus melainkan menggunakan beras yang biasa dipake. Dibentuk menggunakan bento tool.

    #UmDAKitchen

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.

Puding Choco

Simpel dan lumayan laa 😀

Bahan:

  • 1/2 bungkus agar-agar bubuk putih (plain)
  • 350ml susu cair
  • 2 sdm gula putih
  • 1 sdm coklat bubuk (larutan dengan 5 sdm air panas)
  • 1 kuning telur, kocok

puding

Cara Masak:

  1. Campur rata agar-agar, susu, gula dan larutan coklat. Rebus dengan api sedang hingga mendidih.
  2. Ambil beberapa sendok adonan agar-agar tersebut (saya ambil 7 sendok), tuang ke kuning telur, aduk rata. Masukkan kembali ke adonan agar-agar, aduk rata lalu angkat.
  3. Tuang ke cetakan. Diamkan hingga dingin dan mengeras.
    Saya pake cetakan bento yang untuk telur rebus 😀
    Gampang “dicokel” alias dikeluarkan dari cetakan. Teksturnya lembut.
Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.

Perkedel Komplit

Resep didapat dari buku Pak Wied Harry dengan sedikit modifikasi.

Bahan:

  • – 3 buah Wortel
  • – 1 brokoli ukuran sedang, potong berdasarkan kuntumnya
  • – 1/2 kg kentang
  • – 25gr kornet sapi
  • – 10 pcs baso sapi
  • – 1 sdm margarin
  • – 3 siung bawang merah
  • – 2 siung bawang putih (di resep aslinya duo bawang ini ga ada, cuma pake bawang bombay)
  • – gula
  • – garam
  • – terigu
  • – 2 butir telur, kocok lepas
  • – tepung roti

perkedel

Cara Masak:

  1. – Kukus kentang hingga empuk (di resep kentangnya digoreng) atau bisa juga direbus. Haluskan.
  2. – Rebus wortel dan brokoli, cincang (di resep mah ga pake brokoli dan ga direbus dulu. Semata supaya sayuran sebentar aja diosengnya. Hihi)
  3. – Cincang bakso
  4. – Panaskan margarin
  5. – Tumis duo bawang yang dicincang halus sampai wangi
  6. – Masukkan sayuran, baso, kornet. Aduk hingga rata.
  7. – Tambahkan gula dan garam secukupnya (saya ga pake gula, lupa)
  8. – Masukkan ke wadah berisi kentang yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata
    Adonan sudah bisa dibentuk tanpa tambahan bahan.
  9. – Bentuk adonan jadi berbentuk bola-bola.
  10. – Masukkan ke tepung terigu guling-guling hingga merata (tepungnya saya kasih garam dan diratakan supaya ada rasa gurih di bagian “kulit”nya).
  11. – Gulirkan ke telur kocok
  12. – Gulingkan ke tepung panir
  13. – Simpan di wadah yang sudah disediakan.

Oiya, sempat mau membentuk adonan jadi bentuk tertentu (kami punya cetakan dough) tapi karena sayurannya ga kecil banget jadilah pas dibentuk, kadang pecah karena terganjal sayuran atau semacamnya. Padahal tadinya pengen kayak Frozen Food di luaran gitu. Xixixi.

Okeh segitu dulu. Selamat mencoba.
*btw coba tebak mana punya Danisy, mana punya Azam? 😀

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.

Lemon Tea Sederhana

Yeaaayy akhirnya sempet juga eksekusi lemon tea buat nemenin berbuka.

Foto seadanya banget :D
Foto seadanya banget 😀

Bahan:
– Teh celup greentea (soalnya wangina enak dan kerasa lebih cocok dibanding teh celup biasa)
– Gula putih 1 sdm
– 1/2 butir lemon
Di pasar maupun dari mertua ukurannya sama, belum pernah megang lemon yang ukurannya gede. Mm sebenernya ga setengah butir juga sih, soalnya lemon dibagi 3 dipotong dari atas ke bawah kayak bunga (mirip kalo pas motong mangga utuh). Potongan pertama kurleb setengahnya, 2 potongan lainnya untuk anak-anak karena ukuran gelasnya lebih kecil.

Cara membuat:
1. Seduh teh celup dengan air panas sebanyak setengah gelas. Buat agak pekat.(jangan terlalu pekat supaya ga pahit)
2. Tambahkan gula putih, aduk rata
3. Tambahkan air suhu biasa (agar jadi teh hangat)
4. Tambahkan perasan jeruk lemon

Karena vitamin C dari jeruk katanya bisa menguap kalo kena air panas. Jadi dibuat air anget.

Ayam kremes, ditambah sambal balado, cah kangkung dan segelas lemon tea spesial buat berbukanya A Abdul Chalim.

Seneng lihat kalian lahap makan.
Sayangnya #AzamKN ga lanjut makan cah kangkung sebab pedes 😁

#UmDAKitchen #MenuBerbuka #ResepSederhana

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.

Chicken Katsu Saus Steak

Yeaaayy hari ini tiba-tiba kepikiran pengen nyoba bikin #ChickenKatsu

Terinspirasi dari bento paket anak di sebuah resto. Coba cek di #Cookpad ternyata banyak resep. Ujung-ujungnya mix n match deh. Akhirnya resep dimana, eksekusi terserah siapa 😀

Alhamdulillah suami, anak dan adek ipar suka. Enak katanya. Ga tau nih pendapat mamah dan adek, tadi cuma ngirim trus langsung pulang. Punya anak-anak karena diselipi keju, Azam nyebutnya ayam keju, Danisy nyebut ayam kriuk keju. Hihi. Apa aja deh terserah kalian yang penting suka sama masakan Ummi.

Chicken Katsu

Resep Chicken Katsu Homemade

Ayam Katsu

Bahan:

  • Ayam fillet 1/5kg

Bumbu balut dasar (untuk dibalurkan ke ayam di awal, sebelum proses selanjutnya)

  • 1,5 butir Jeruk nipis/lemon
  • Garam
  • Lada bubuk
  • 4 siung Bawang putih

Bumbu balut tepung

Karena tadi lagi ga enak badan, di warung dan di minimarket tepung terigu habis plus baru masak setelah ashar, jadi pake tepung bumbu yang sudah siap pakai plus tepung roti. Biasanya kalau masak ayam tepung, bumbunya tepung terigu ditambah ulekan bawang putih, ketumbar (yang mirip lada biji itu), biji lada, garam. Diseduh pake air dingin.

Cara Masak:

  • Cuci ayam hingga bersih. Potong tipis (jangan terlalu tebal supaya daging lebih mudah matang nantinya)
  • Lumuri ayam dengan perasan air jeruk nipis/lemon, taburi garam hingga merata, lalu tambahkan parutan bawang putih. Tadi saya tambahkan susu plain juga sedikit 😀 Masukkan ke dalam freezer selama sekitar 10 menit supaya meresap.
    Ada tips yang saya lupa ga lakukan: pukul-pukul ayam (semacam dimemarkan daging ayamnya) supaya bumbu lebih meresap lagi.
    Setelah 10 menit, keluarkan ayam untuk dibaluri tepung.
  • Siapkan adonan tepung: 5 sendok tepung bumbu ditambah dengan sekitar 10-15 air es. Di wadah terpisah, siapkan tepung roti (breadcumb) atau tepung panir.
  • Masukkan ayam ke dalam tepung cair lalu gulirkan ke tepung roti. Ulangi hingga ayam fillet habis.
  • Simpan ke wadah yang bersih, setelah semua ayam selesai dibaluri, simpan ke dalam freezer agar tepung lebih menempel.
  • Panaskan minyak
  • Goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Tiriskan.

Ayam yang sudah dilumuri tepung dan belum berencana akan digoreng, dapat disimpan di freezer untuk stok berikutnya.

Untuk Katsu Keju, agak tricky bagi saya. Tapi di akhir sesi, dicoba ayam fillet dibelah tapi ga sampe putus dagingnya sehingga masih tersambung. Sisipkan keju slice secukupnya, baru masuk tepung dan proses seperti biasa. Bagi yang punya tipsnya, info-info yaa 😀

Saus Steak

Bahan:

  • Bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir tomat besar atau 2-3 butir tomat sedang
  • 1/2 sendok makan tepung maizena, cairkan dengan 1-2 sendok air
  • Gula merah, garam, gula putih

Cara masak:

  • Rebus tomat hingga cukup lembek, haluskan (ulek hingga lembut atau dapat juga diblender). Saya buang kulit tomatnya saat akan diulek jadi hanya daging tomat yang diulek.
  • Iris bawang bombay
  • Cacah (cincang halus) bawang putih
  • Panaskan minyak
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, tambahkan gula merah.
  • Masukkan tomat yang sudah dihaluskan tadi
  • Tambahkan garam, gula putih
  • Setelah ditumis dan merata, tambahkan maizena yang sudah dicairkan
  • Aduk hingga merata dan cukup kekentalannya

Alhamdulillah nikmat berbuka hari ini. Semoga bermanfaat.

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.

Selai Strawberry Buatan Sendiri

Sore ini dapet kiriman bolu dari mamah. Si sulung senang sekali membawa pulang bolu dan buah strawberry. Alhamdulillah.

“Aa mau strawberry-nya dipasang di kue, Mi.”

Hmm.. Gimana caranya ya? Ga ada krim.

“Kalau strawberry-nya sebagian dijadikan selai aja gimana? Jadi selai strawberry. Aa kan biasanya suka selai strawberry.”

“Iya, Mi. Aa mau!”

Kami pun beranjak ke dapur, dengan ingatan ala kadarnya coba membuat selai strawberry. Ya, ala kadarnya jika tidak bisa dikatakan nekat 😀

“Emang ummi pernah bikin selai strawberry?” tanya si sulung.

“Mmm.. belum sih. Baru mau coba. Hasilnya lihat nanti aja ya.”

“Asyik, Aa mau lihat ya.” Jawabnya semangat sambil bersiap memposisikan ember cat supaya bisa melihat proses pembuatan selai. Maklum, tembok untuk kompor dll agak tinggi.

Alhamdulillah hasilnya cukup buat selai perdana 😀

Bolu Selai Strawberry plus Topping Read More

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.