Gule atau Gulai, Seperti Apa Sih?

Tiba-tiba kepikiran pengen makan gule enak kali ya. Jam segini busui biasanya udah laper lagi. Eh, itu saya sih. Ga tau yang lain 😀

Berhubung ga masak, kalau pas lagi laper di jaman sekarang mah langsung cus ke Google. Googling tempat yang menyediakan gulai dan bisa dibeli secara online atau setidaknya nitip suami beliin pas pulang jemput bocah. Yang teringat ada gulai tikungan blok M, gulai di tukang nasi padang, tukang sate (yap, di hampir setiap tukang sate ada gulai dijual pula, apalagi sate kambing). Huwaa yummy kayaknya nih. Udah ngiler aja.

Pengertian Gulai

Gule sendiri secara Bahasa aslinya harusna ditulis gulai ya. Gule mah Bahasa sunda. Hihi.

Berdasarkan pengertian Wikipedia, gulai adalah masakan dengan baku daging ayam, berbagai jenis ikan, kambing, sapi, jeroan, ataupun sayuran seperti nangka muda (yang umum ada) dan daun singkong. Gulai diolah dalam kuah bumbu rempah dengan cita rasa gurih.

Ciri khas gulai ada pada bumbunya yang kental, kaya akan rempah. Rempah bumbu gulai terdiri dari kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabe merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, lalu dimasak dalam santan.

Gulai memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh kuat dari kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan memang di dunia internasional disebut sebagai kari ala Indonesia. Ya meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ada ditemukan kari.

Variasi Gulai

Gulai merupakan satu dari sekian jenis hidangan yang tersebar luas di Nusantara terutama di wilayah Sumatera dan Jawa. Hidangan ini dikatakan berasal dari Sumatera yang merupakan hasil pengaruh dan penerapan seni memasak India yang kaya akan rempah dan bumbu seperti kari.

Gulai merupakan salah satu bumbu hidangan dasar yang paling dikenal dalam Masakan Minangkabau. Kuah gulai yang berwarna kuning menjadi bumbu dan memberikan cita rasa untuk berbagai macam hidangan yang disajikan di rumah makan Padang. Yaks, ngiler deh. Keinget lagi gulai tikungan blok M nih.

Kuah atau bumbu gulai biasanya kental jika tersaji sebagai hidangan Minangkabau, Melayu, dan Aceh. Nah, tapi di tatar Jawa mah kuah gulai lebih cair. Ya, saya merhatiin mamah sama mertua saat masak gule termasuk pas aqiqah Hasna beberapa bulan lalu. Jadi lebih mirip sup yang dihidangkan panas-panas. Biasanya sih isinya daging atau jeroan kambing.

Gulai biasanya disajikan bersama nasi panas. Enak banget itu. Tapi memang di beberapa resep seperti gulai kambing, bisa juga dihidangkan bersama roti canai.

Berikut ini adalah variasi gulai berdasarkan bahannya:

  • Gulai ayam
  • Gulai hati ampela
  • Gulai telur
  • Gulai kambing
  • Gulai sapi
  • Gulai hati
  • Gulai limpa
  • Gulai gajeboh (gajih)
  • Gulai iso (usus)
  • Gulai babat
  • Gulai tunjang (kikil)
  • Gulai otak
  • Gulai sumsum
  • Gulai ikan mas
  • Gulai kakap
  • Gulai kepala ikan kakap
  • Gulai telur ikan
  • Gulai cumi
  • Gulai cubadak (nangka muda)
  • Gulai kacang panjang
  • Gulai daun singkong
  • Gulai daun pakis
  • Gulai jariang atau gulai jengkol

Bulan depan ada agenda untuk ke Jakarta selama 3 hari. Rencananya sih mau ngajak suami wisata kuliner. Nah, direkomendasikan nih dalau di Jakarta ada yang terkenal karena selain murah juga enak. Namanya gulai tikungan blok M atau dikenal dengan rumah makan Gultik. Sayangnya pas main ke Jakarta tempo hari buat kopdar, ga sempat wisata kuliner. Nanti kudu nyempetin nik keknya.

Saya sendiri yang terbiasa dengan gulai masakan mamah memang cenderung ngerasa eneg saat makan gulai dari luar. Tapi untuk urusan ini serahkan sama akang suami. Beliau selalu tahu gule yang enak. Meskipun kentel, tapi pilihan beliau selalu enak. Ga terlalu eneg. Bisa aja nemu tempat jualan gule yang enak dan cocok di lidah istrinya. Biasanya sih didapatkan di tempat-tempat penjual sate kambing.

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *