Karakteristik Permanen Pernikahan

Ada hal menarik saat saya mempelajari Visionary Parenting dari situs Islamic Online University. Hal mirip yang saya dapati di buku Pendidikan Anak dalam Islam karya Dr. Abdullah Nashih ‘Ulwan. Keduanya memulakan bahasan pendidikan anak dengan membahas para orang tua. Ya, suami dan istri. Orang tua dari anak yang akan dididik.

Pada tulisan ini yang dicatat adalah bahasan terakhir modul 1B. Sehingga memang sudah berupa pamungkas. Penjelasan awal lengkapnya insyaallah akan ditulis di artikel lainnya.

Roman karakteristik permanen yang sebaiknya ada dalam sebuah pernikahan yang dicatat oleh Dr. Kanwal Kaisser pada bahasan 1 Visionary Parenting bertema ikatan suami istri adalah sebagai berikut:

  1. Waktu khusus berdua setidaknya seminggu sekali.
  2. Berikan setidaknya satu pujian mengenai pasangan setiap hari.
  3. Tunjukkan apresiasi pada pasangan setidaknya sekali sehari.
  4. Saling berpelukan setidaknya 2x sehari
  5. Miliki aktivitas harian keluarga untuk memperkuat ikatan

Menjalankan kelima poin di atas nampak sederhana dan mudah saja, namun tidak semua pasangan dapat mengaplikasikannya langsung dengan mudah. Ada banyak hal yang tak bisa disamaratakan. Apalagi lelaki dan perempuan memiliki cara komunikasi yang berbeda, dan bahasa cinta setiap mesin kecerdasan memang berbeda pula.

Akan tetapi tidak berarti mustahil untuk menjalankannya. Sebab karakteristik ini pasti sudah melewati pembelajaran dan pendalaman yang tak sebentar. Apalagi Islam sendiri memberikan panduan menarik,

Yang paling sempurna keimanannya diantara para mukmin adalah mereka yang paling bagus akhlaknya. Dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya. (HR Tirmidzi no. 1162, Ibnu Majah no. 1987)

Jadi, hayu jadikan keluarga kita sebagai interpretasi keindahan luar biasa surga. Dan semoga kelak kita sekeluarga dikumpulkan lagi di surgaNya dengan rahmat Allah. Aamiin 😍

#Parenting #CatatanParenting #VisionaryParenting #Marriage #pernikahan #SuamiIstri #pasangan #spouse #HusbandAndWife #CatatanEsa #IslamicOnlineUniversity #IOU 

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru. Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *