Main Ke Taman Uncal di Bandung Yuk

Taman Uncal di Bandung? Emang ada? Ada..

Jika menyebut kata Bandung, ada banyak persepsi ya mengenai daerahnya. Misal, ketika disebut kata Lembang, orang luar Bandung akan tetap menyebut itu Bandung. Ya memang sih, memang sama-sama Bandung. Tapi secara pembagian daerah, beberapa tempat wisata ada yang lokasinya masih seputar kota Bandung, ada juga yang di luar kota Bandung alias sudah masuk Kabupaten. Nah, kabupaten sendiri ada 2, yakni kabupaten Bandung dan kabupaten Bandung Barat. Kalau Lembang mah masuknya kabupaten Bandung Barat atau sering disingkat KBB. Sementara kabupaten Bandung seringnya lebih dikenal dengan kata Soreang meskipun sebetulnya kabupaten Bandung ga cuma soreang tapi “ibukota”nya memang Soreang 😀

Oke, sudah ya pembukaan tentang wilayah Bandung. Di tulisan kali ini saya mau cerita mengenai salah satu tempat di kabupaten Bandung yang beberapa waktu lalu kami kunjungi. Sebetulnya tidak sengaja sih karena awalnya kami kesana hanya untuk menghadiri pernikahan salah satu klien kami yang memesan undangan di Aim Desain.

Pernikahan klien kami ini dilaksanakan di dalam area DPRD Kabupaten Bandung. Area yang lumayan luas. Ada 3 acara pernikahan disana, dan ternyata lokasi pernikahan Helia Willy tepat di depan Taman Uncal. Begitu sampai, anak-anak excited melihat banyak rusa disana.

Taman Uncal Kabupaten Bandung

Selesai menghadiri acara resepsi, kami mampir dulu ke Taman Uncal. Kebetulan saat itu sedang dibuka gerbangnya, entah sedang memperbaiki apa. Tapi kami tidak berani masuk khawatir tidak akan diizinkan. Alhamdulillah, melihat anak-anak asyik berceloteh tentang rusa, petugasnya memperbolehkan kami masuk. Aturannya boleh masuk atau ngga, saya tidak tahu. Tapi kesempatan bisa masuk ke dalam area rusa, tidak akan disia-siakan.

Oh iya, mungkin teman-teman bingung ya katanya Taman Uncal tapi kok ngomongin rusa. Yap, uncal adalah bahasa sunda dari rusa, semoga saya tidak salah karena ketika ngobrol ke mamah, mamah bilang rusa itu uncal, kalau kancil lebih kecil lagi dari uncal. Begitu. Clear ya.

Nah, ketika kami masuk ke Taman Uncal ini saya mah jujur takjub da. Banyak rusanya seperti di kebun binatang saja. Adek saya nyeletuk “ya kalau di Bandung ada yang kayak gini, kebun binatang ga akan laku atuh teh” iya juga ya. Secara itu kita masuk gratisan ga pake biaya parkir pula 😛

Danisy mendapat kesempatan dekat dengan rusa karena ada 2 rusa mendekat, tapi hanya satu saja yang benar-benar mendekat. Apalagi petugasnya memberikan ubi untuk diberikan pada sang rusa. Danisy tentu saja senang, sementara Azam belum berani memberi makan rusa.

Danisy Memberi Makan Uncal/Rusa
Danisy Memberi Makan Uncal/Rusa

Saya sendiri ya kagum bisa sedekat itu dengan rusa. Baru tahu juga ternyata tanduknya itu lembut ya, tidak seperti tanduk kambing atau sapi gituh.

Bagi teman-teman yang mau main ke Bandung (atau orang Bandung yang mau jalan-jalan) tapi udah bingung mau main dimana lagi yang lokasinya bisa terjangkau semua kendaraan tapi juga bayarnya ga mahal-mahal amat malah gratis, bisa nih mampir ke area DPRD Kabupaten Bandung. Cuma aturan aslinya musti tanya sama orang sana nih. Tapi ketika kemarin pindah ke Taman Anak yang lokasinya di sebrang Taman Uncal, ada banyak pengunjung juga jadi sepertinya memang dibuka untuk umum seperti taman-taman tematik di kota Bandung.

Taman Anak Sabilulungan

Kata adek saya yang memang aktif di karang taruna, program taman tematik pemkab Bandung ini memang kerjasama dengan kang Emil walikota Bandung. Cuma kalo di Bandung mah taman tematiknya nyebar, kalau ini terpusat di pemkab sebab lahan mereka juga luas. Termasuk tata area pemkabnya juga bagus da. Asri, rindang, sejuk. Kapan-kapan boleh lah main kesana ya. Dari rumah saya kesana mah sekitar 45 menit-1 jam. Pernah waktu macet banget kemarin perjalanannya 2 jam 😀

Azam sedang main di salah satu mainan yang berada di dalam arena Taman Anak
Azam sedang main di salah satu mainan yang berada di dalam arena Taman Anak

Oiya ada satu lagi taman yang kami kunjungi disana selain Taman Uncal yaitu Taman Anak. Di dalamnya ada berbagai permainan anak seperti perosotan lengkap dengan jalan berkayu, arena berputar, jungkat-jungkit dan ayunan. Ada juga arena pasir. Anak-anak paling betah di arena pasir.

Okeh segitu dulu bahas tentang Taman Uncal dan Taman Anak. Semoga bisa bermanfaat dan memberikan informasi tempat yang bisa dikunjungi di Bandung dan sekitarnya.

Mangga ah, bade leleson heula ^_^

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru. Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *