Matrix Boston, Ilmu Baru Bagi Saya tentang Kuadran Bisnis

Pertemuan kemarin banyak sekali hal yang didapat. Enak ya ketemu teman yang banyak ilmunya papalagi dengan mesin kecerdasan (MK) Intuiting yang sudah terasah. Kemistri Kata (ilmu)nya dapet banget. Selalu begitu setiap kali ketemu dengan coach Monde Ariezta.

Ceritanya sih kemaren jenguk suami yang sakit dan ada beberapa hal yang lebih enak diobrolkan secara langsung katanya. Pertemuan dari maghrib berakhir sekitar jam setengah 10 malam.

Dari mulai ngobrolin ebook Job From Heaven kenapa akhirnya berbentuk ebook bukan buku cetak, ngomongin konsep STIFIn yang aplikatif sampai ngomongin soal online learning dan bisnis. Dari obrolan itu salah satu yang menarik adalah ketika pembahasan matrix Boston.

Bermula dari suami yang menyodorkan “jawaban” dari “tugas” yang terdapat pada ebook Job From Heaven yang membahas pekerjaan/profesi sesuai dengan personality genetik (PG). Jawaban suami ada 2: menjadi pebisnis di dunia percetakan dan tetap exciting dengan dunia properti yang memang Thinking banget dan sekaligus linier dengan latar belakang pendidikannya sebagai sarjana Arsitektur.

Matrix Boston dari penjelasan Monde sederhana sekali dan mudah dimengerti oleh orang awam seperti saya sekalipun. Terdiri dari 4 kuadran atau 4 pengelompokan bisnis yakni Bisnis Star, Bisnis Sapi Perah, Bisnis Pet dan Bisnis Tanda tanya. Versi Inggris-nya adalah seperti gambar:

Matrix Boston

Penjelasan sederhananya:

Bisnis sapi perah (Cash Cow) adalah yang sering kita kenal dengan bisnis yang memberikan hasil harian ya sebagaimana sapi perah yang kita perah susunya hampir setiap hari. Meski hasilnya sedikit tapi kontinyu dan jadi andalan pemasukan harian. Dalam bisnis suami, percetakan undangan ada di kuadran ini. Saat ini kami “hidup” dari pemesanan undangan yang alhamdulillah selalu ada setiap bulannya.

Bisnis Star adalah bisnis yang menjadi impian. Sekali dapet, bisa banyak nominalnya dengan kepuasan yang luar biasa. Disinilah bisnis properti bisa diletakkan. Apalagi setelah beberapa waktu lalu suami mulai closing penjualan properti yang meskipun ga besar tapi bagi beliau jadi awal yang cukup menggairahkan. Sebelum di bisnis properti, beliau sudah menjadi freelance arsitek yang jika deal, bisa dipake buat bayar kontrakan alhamdulillah. Cuma ya itu, mungkin karena ga diseriusi atau apalah, setahun paling 1 kontrak renovasi rumah 😀

Bisnis Tanda tanya (Question Marks/Problem Children) merupakan bisnis yang mungkin sebelumnya tidak kita persiapkan atau tidak pernah terbayang akan dilaksanakan. Tapi di pertengahan jalan bisnis ini kemudian dilihat nampak prospektif.

Bisnis Pet (Dog) menurut penjelasan yang saya terima kemarin adalah diibaratkan kita memiliki binatang piaraan. Kita senang sih terhadap kucing yang dipunya, terus ngurusi dia dan memberi dia makan, tapi si kucing tidak menghasilkan apapun. Dalam bisnis, ini dianggap sebagai usaha yang terus-terusan kita ngeluarin uang untuk usaha ini. Boleh sih, macam bisnis hobi, tapi sebaiknya tidak dijadikan utama dan malah dihilangkan. Bisnis ini bukan sociopreneur juga karena sociopreneur ada banyak jenis dan penjelasannya tidak sesederhana kata-nya.

Dari keempat bisnis itu, bisa saja Cash cow akan jadi bisnis Star atau bisnis Tanda tanya yang jadi bisnis Star. Atau keduanya jadi jalan menuju pencapaian bisnis Star. Karena tidak dipungkiri, bisnis yang menghasilkan besar juga memiliki persiapan, kebutuhan dan resiko yang besar pula. Sehingga bisnis Sapi perah dan Tanda tanya ini bisa jadi sandaran pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan sekaligus jadi jalan pengumpulan modal persiapan mencapai bisnis Star.

Jika mengambil penjelasan dari beberapa literasi di web, penjelasan keempat jenis kuadran dalam Matrix Boston sebagaimana digambarkan pada gambar yang saya selipkan di atas yakni terkait pertumbuhan pasar dan serapan pasar (market growth rate, relative market share). Market share yang tinggi dianggap selaras dengan pendapatan yang besar sehingga semakin tinggi market share maka kemungkinan menghasilkan uang juga lebih besar. Sedangkan market growth reflects mencirikan keaktifan penyerapan pasar yang kita ketahui bersama sebagai sebanyak apa produk/jasa kita dapat terjual. Saya coba tuliskan disini sebagai bahan tambahan.

Bisnis Pet (dog) menggambarkan masalah pada penyerapan pasar yang rendah dan pertumbuhan pasarnya kecil. Bisnis ini menyerap uang lebih banyak dibandingkan menghasilkan uang dan berkembang di industri yang pertumbuhannya memang lambat.

Bisnis Sapi perah (cash cows) berada pada kuadran penyerapan pasar tinggi tapi pertumbuhan pasar rendah. Bisnis di kuadran ini biasanya menghasilkan uang yang rutin tapi sayangnya kesempatan investasinya terbatas terkait dengan rendahnya pertumbuhan pasar.

Bisnis Tanda tanya (question mark/problem children) merupakan bisnis yang produknya menyerap sumber daya yang cukup tinggi dan tumbuh dengan cepat tapi menghasilkan uang yang tidak terlalu banyak karena rendahnya daya serap pasar. Bisnis ini memiliki kesempatan untuk tumbuh dan menaikkan penyerapan pasar maupun menghasilkan uang ketika beralih ke posisi star atau cash cow ketika pertumbuhan pasar rendah. Tapi bisnis ini juga bisa jadi bisnis Pet/dog karena hasil yang sedikit atau bahkan investasi yang tersia-sia. Itulah kenapa ia disebut dengan question mark alias tanda tanya karena kita harus betul-betul menganalisa bisnis jenis ini apakah memang berpotensi untuk berinvestasi dan mampu menaikkan daya serap pasar atau tidak.

Bisnis Star mencirikan kombinasi ideal dari sebuah perusahaan yakti penyerapan pasar tinggi dengan pertumbuhan pasar yang juga pesat. Dua elemen yang menghasilkan uang sekaligus memberikan kesempatan investasi jangka panjang.

Matrix Boston ini membantu kita menetapkan mana produk/unit yang akan dipertahankan dan mana yang musti disingkirkan. Setidaknya ada 4 cara yang dikutip dari Oxford Learning Lab dalam memutuskan mempertahankan atau menyingkirkan yakni:

  1. Bangun penyerapan pasar yang nantinya ini akan jadi investasi masa depan
  2. Pertahankan atau perbaiki keadaan kuadran bisnis yang sama
  3. Kurangi investasi, naikkan cash flow (pendapatan harian) dan maksimalkan profit
  4. Singkirkan bisnis Pet dan berinvestasi pada unit lain semisal Tanda tanya dan Star.

Dengan demikian, kita jadi lebih paham bagaimana melihat peluang dan mengidentifikasi dimana investasi terbaik kita akan dimaksimalkan baik itu berupa sumber daya finansial, waktu dan tenaga.

=====

Dari pembicaraan kemarin, saya baru tahu bahwa gaya berbicara, mengajar dan menulis orang Feeling memang lebih ke cerita. Baru ngeh banget, itu kenapa saya lebih senang bercerita atau menceritakan kembali dibandingkan tulisan runut dan detil. Di artikel ini aja ketahuan banget kan ya mana yang saya nulis tanpa nyontek 😀

Ada pembahasan lain tentang siklus perkembangan otak yang menarik banget dan bikin saya mikir, luar biasa ya konsep manusia ini. Cuma ketawa-ketawa tapi takjub ketika dapet penjelasan mengenai orang tua kami yang sudah menginjak usia 54 tahun. Katanya yang sedang aktif adalah otak tengah sehingga sifatnya jadi seperti Insting (apapun MKnya) dan membahas suami yang menginjak usia 30 tahun dimana otak yang sedang aktif sekali adalah limbik kiri dalam alias seperti orang Sensing Introvert sehingga memang saat ini fisiknya yang jadi fokus. Tapi itu mah dibahas di lain waktu lah ya insyaallah.

Salam hangat, Esa Puspita
Great Family Activator
Licensed STIFIn Promotor and Certified Trainer STIFIn
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru. Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

One thought on “Matrix Boston, Ilmu Baru Bagi Saya tentang Kuadran Bisnis

  1. “menginjak usia 30 tahun dimana otak yang sedang aktif sekali adalah limbik kiri dalam alias seperti orang Sensing Introvert sehingga memang saat ini fisiknya yang jadi fokus.”
    bihhihi iya juga sih Mak 😀
    tapi sampe sekarang masih bingung MK ku apaan hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *