Mudah Download Video YouTube dengan Add-on Firefox

Saat mendapatkan bonus 10GB dari registrasi nomor ponsel Simpati yang harus habis dalam 3 hari, itu kayak reality show Uang Kaget kesukaan mamah (saya sendiri baru nonton sekali pas di rumah mamah). Rasanya otak kok jadi kepikir untuk “boros kuota” ya. Hihi.

Setelah bingung mau dihabiskan untuk apa, baru sore ini teringat: kenapa ga download video aja? Kan bisa “menghabiskan kuota” tapi long lasting.

Maka saya buka Youtube dan sebuah situs yang biasa digunakan untuk mengunduh video. Sayangnya sekarang tampilan situs itu aneh, tidak berhasil menemukan kolom untuk mengisi URL.

Pun ketika saya buka situs YouTube Downloader satunya, berhasil tampil sih opsi file yang akan diunduh tapi malah videonya terputar yang saya menangkap bahwa itu harus di-save secara manual. Oke deh skip karena jadi ribet menurut saya mah.

Lalu teringat di laptop sebelumnya saya pernah tak sengaja memasang sebuah extension yang membuat mudah mengunduh video dari YouTube tapi lupa namanya. Saat memutuskan untuk googling aha! Ketemu! Sayangnya tak sesuai harapan. Extension itu tak berfungsi saat saya install di Chrome.

Maka saya coba install browser Firefox dan eureka! Extension itu saya temukan. Namanya Easy Youtube Video Downloader. Install dan aktifkan deh di Firefox.

Kenapa Easy Youtube Video Downloader Express?

Sebenarnya menemukan extension Firefox ini ya karena “kebetulan” saja. Entah memang sama dengan yang pernah saya gunakan dulu atau tidak.

Kelebihan: Ketika butuh download video dari Youtube, tidak perlu copy-paste URL. Cukup buka videonya, di bagian bawah otomatis ada tombol download berwarna hijau yang di dalamnya terdapat opsi ekstensi file dan kualitas video hasil unduhan nantinya. Ada MP3, MP4, dan 3GP. Love it!

Kekurangan: video harus dibuka satu per satu. Seandai mau simpan banyak video, harus buka setiap video, tunggu load sampai muncul tombol hijaunya. Hanya tersedia total 6 pilihan ekstension dan kualitas file.

Cara Meng-install Add-on Easy Youtube Video Downloader Express

  1. Buka browser Firefox. Jika belum punya, silakan install dulu [klik disini untuk download Firefox]
  2. Di kanan atas, klik logo Menu. Pilih Pengaya (Add-Ons). Atau bisa dengan menekan tombol shortcut STRL+Shift+A pada keyboard.
  3. Di menu pencarian kanan atas, ketikkan Easy Youtube Video Downloader
  4. Klik yang paling atas (lihat gambar).
  5. Tekan “+ Tambah ke Firefox”


Cara Download Video Youtube dengan Easy Youtube Video Downloader

  1. Buka YouTube, klik video yang ingin diunduh
  2. Scroll sedikit ke bagian bawah, klik tombol hijau “Download As”
  3. Muncul opsi ekstensi/jenis file berikut kualitas video yang disediakan. Pilih salah satu
  4. File akan diunduh, tetapkan folder untuk menyimpan hasil donlodan video YouTube tersebut. Klik OK
  5. Video sedang dalam proses pengunduhan. Siap-siap nonton secara offline ^_^

Selamat mencoba ya teman-teman. Semoga bermanfaat.

Salam hangat, Esa Puspita
Family Development Enthusiast
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru. Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *