Mulai Menulis

Mulai menulis lagi setelah beberapa kali agak tercerai berai jadwal harian berikut ide tulisannya itu berat karena ini seperti memulai lagi dari awal. Dan mempertahankan konsistensi menulis itu butuh usaha yang juga tidak mudah. Salut pada teman-teman yang selalu konsisten menulis dengan segala manfaat yang keren bagi pembacanya.

menulis

Menulis menjadi sebuah aktifitas yang menyenangkan saat ada yang bisa dituliskan. Ketika kita bagikan pada orang lain, kadang sempat terpikir: tulisan ini bermanfaat ga ya? Tapi jujur, saya masih sekadar belajar menulis, sekadar membiasakan menulis meski seringnya malah curhatan saja yang ada.

Saya tak tahu apa yang dipikirkan teman-teman saat membaca tulisan saya meski beberapa tulisan dikomentari juga. Bahkan beberapa ada yang bilang “mau belajar nulis seperti Esa.”

Antara pujian atau apa, entahlah. Tapi saya anggap itu sebuah pujian. Sayangnya jika belajar menulis seperti saya, maka jawaban yang paling mudah adalah: tuliskan saja apa yang ingin dituliskan. Saya menulis dengan cara seperti itu, curhat terus. Hehe..

Sebenarnya sempat menulis draf apa saja yang akan ditulis. Sebagian besar adalah review acara atau kegiatan yang sempat saya ikuti. Dalam tulisan semacam itu, sempat terbersit pikiran “mungkin pembaca menganggap saya sedang berjualan produk jasa tersebut” padahal belum tentu orang berpikir begitu ya. Kalaupun pikiran semacam itu ada, ya biar saja karena toh saya tidak menjual jasa-jasa itu. Semata saya akan coba bagi karena saya menganggap acara itu bermanfaat.

Pun buku yang kelak akan masuk kelompok catatan Review, buku-buku itu adalah buku-buku yang saya anggap teman-teman sebaiknya membaca juga. Saya termasuk kelompok yang masih lebih suka baca buku dibandingkan ebook meski beberapa judul tetap saya baca ebook-nya mengingat terkadang bukunya sudah sulit didapat atau kegiatan yang tidak memungkinkan membawa dan membaca buku, misal saat jeda menemani anak-anak bermain di luar rumah. Maka yang paling mudah adalah membaca ebook.

Ketika memutuskan akan berbagi tips yang saya dapat, terkadang berpikir “ah, mungkin orang lain sudah tahu tips ini. Kan saya juga mendapatkannya secara bebas di internet.” Tapi hey, belum tentu juga seperti itu kali, Sa.

Sekarang sebenarnya sedang mencari tahu personal branding apa yang akan saya coba capai. Ada yang tahu apa itu personal branding? Di kelas #BYOB (Build Your Online Business) sempat dibahas juga sih mengenai ini, sekilas ketika membahas branding produk yang kita jual. Sayangnya hingga saat ini tugas-tugas dari pemateri belum saya kerjakan karena bingung. Haha.

Personal branding ini harus segera ditemukan agar jelas arahnya web ini (dan diri ini) mau dibawa ke mana. Dengan personal branding, kita dapat memilih dan memilah langkah, memilih dan memilah keputusan, menentukan prioritas. Jadi sekarang mari terus belajar mengenali diri, menemukan bukan sekadar passion tapi branding yang ingin dibentuk.

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru. Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

One thought on “Mulai Menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *