Nafas Buatan (CPR)

Jika bayi tidak sadarkan diri, angkat telepon untuk meminta bantuan darurat dan periksalah apakah anak masih merespon atau tidak. Cara memeriksanya dengan menepuk dengan lembut dada sang bayi, menepuk bahu atau kakinya. Jika anak tidak merespon tindakan ini, maka lakukanlah langkah ABC:

Airway

  • Periksalah dengan cepat apakah anak masih bernafas atau tidak. Lihat, dengar dan rasakan tanda-tanda pernapasan. Jika tidak didapati tanda-tanda pernapasan, miringkan kepalanya sedikit ke arah belakang (tarik kepala ke belakang seperti akan menengadahkan bayi) agar hidungnya menghadap ke atas. Hati-hati jangan terlalu ke belakang karena dapat menghambat jalur udara bayi.

Breathing

  • Tutupi mulut dan hidung bayi dengan mulut, membentuk seperti sebuah penutup. Secara lembut dan cepat, berikan sebuah embusan nafas kemudian lepaskan mulut anda dan perhatikan apakah ada helaan nafas atau tidak. Jika tidak ada, ulangi kembali menutup hidung dan mulut bayi. Jika tidak ada respons juga, periksalah:

Circulation

  • Tempatkan dua jari anda selama 3-5 detik pada arteri lengan (brachial artery) yang terletak di bagian dalam lengan atas antara siku dan bahu. Jika anda tidak merasakan denyut pada saat itu, berarti jantungnya tidak berdetak dan anda harus melakukan tekanan-tekanan pada dada.

Compression

  • Tempatkan 3 jari di bagian tengah dada dengan jari paling atas berada di garis bayangan antara kedua puting. Angkat ke atas jari paling atas dan dengan lembut tapi tegas lakukan penekanan dengan dua jari terbawah. Jangan terlalu keras menekan karena dapat merusak rusuk anak. Tekan sekitar 1,2 cm. Hitung dengan keras hingga 5 tekanan dan ukuti dengan dua pernapasan. Ulangi langkah ini 30 kali sebelum memeriksa kembali adanya nafas dan denyut.
  • Jika tidak ada denyut, terus lakukan 5 tekanan (30 tekanan untuk 2 pernapasan) sampai ambulans tiba. Jika pada titik manapun bayi menghasilkan denyut tapi tidak bisa berpafas sendiri, maka berikan satu pernapasan penyelamatan setiap 3 detik.

CPR-INFANT-FINAL cpr2

Sumber: buku Supernanny in Baby Care, Jo Frost. Gambar dari berbagai sumber.

Salam hangat, Esa Puspita
Great Family Activator
Licensed STIFIn Promotor and Certified Trainer STIFIn
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

One thought on “Nafas Buatan (CPR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *