PADI Yang Bermanfaat

PADI Yang Bermanfaat

Belajarlah pada ilmu padi. Semakin berisi, semakin merunduk

Satu ketika saat berbincang tentang anak di obrolan ibu-ibu sebuah grup, tersirat pertanyaan “adakah buku islami yang lengkap membahas pendidikan anak dalam kacamata Islam?” Salah satu teman menjawab buku PADI.

PADI? Ih, becanda ya?

Beneran PADI. Pendidikan Anak Dalam Islam atau judul aslinya Tarbiyatul Aulad fil Islam. Subhanallah, bisa ya singkatannya pas banget.

buku Pendidikan Anak dalam Islam (Tarbiyatul Aulad fil Islam)

Buku Pendidikan Anak Dalam Islam ini sudah agak lama saya dengar. Tapi dulu rasanya sulit menemukan buku itu. Ternyata bukan sulit tapi memang ga niat. Pas temen nawarin pas ga bisa beli. Duh jaman dulu mah yaa. Qeqeqe. Masih sering mikir beli buku mahal. Sekarang alhamdulillah sudah diberi hidayah buat tobat 😀

Akhirnya setelah punya 2 anak dan tantangan semakin berat, diingatkan lagi tentang pendidikan yang dilakukan Rasulullah dan dipandu oleh Islam. Cari buku PADI, tanya teman yang dulu menawarkan, hasilnya tak jelas. Kemudian dapatlah buku PADI di sebuah toko online karena setiap kali mau ke toko buku ga bisa aja -_-

Setelah buka buku, baca daftar isi. Deg. Ya Allah, ini dulu aja deh tuntasin. Bismillah. Buat dasar pengetahuan sembari belajar.

Karena sudah dapat materi soal adab ilmu, maka mau tidak mau saya memaksa diri membaca mukaddimah dari penulis. Lampiran yang seringkali saya lewat

Jadi maklum ya kalo bacanya agak lama. 31 halaman buat pengantar doang.

Selain selesaikan mukaddimah, juga mencerna kalimatnya yang seperti sastra. Mungkin karena terjemahan. Tapi sebenarnya enak sih bahasanya.

Kembali ke bahasan buku. Yang ga biasa baca mukaddimah, ayo mulai dibiasakan. Mukaddimah buku PADI yang segambreng itu rupanya bukan sekadar “ucapan terima kasih penulis” tapi menjabarkan isi buku sekaligus mengobarkan semangat kenapa buku ini ada. Padahal baru mukaddimah lho.

Menarik karena buku ini membahas pendidikan jauh sebelum anak lahir, yakni sebelum sepasang suami istri menikah. Rasanya takjub terhadap perhatian Islam dalam membangun sebuah keluarga.

Beranjak ke daftar isi, ini adalah list-nya:

  1. Bagian Pertama terdiri dari 4 pasal
    1. Pernikahan yang Ideal dan Kaitannya dengan Pendidikan
    2. Perasaan Psikologis Terhadap Anak
    3. Hukum-hukum yang berkaitan dengan Kelahiran
    4. Sebab-sebab Terjadinya Kenakalan pada Anak dan Penanggulangannya
  2. Bagian Kedua, Tanggung Jawab Para Pendidik terdiri dari 7 pasal
    1. Tanggung Jawab Pendidikan Iman
    2. Tanggung Jawab Pendidikan Moral
    3. Tanggung Jawab Pendidikan Fisik
    4. Tanggung Jawab Pendidikan Akal
    5. Tanggung Jawab Pendidikan Kejiwaan
    6. Tanggung Jawab Pendidikan Sosial
    7. Tanggung Jawab Pendidikan Seks
  3. Bagian Ketiga (terakhir) terdiri dari 3 pasal
    1. Metode dan Sarana Pendidikan yang Berpengaruh pada Anak
    2. Kaidah-kaidah Asasi dalam Pendidikan
    3. Sarana Pendidikan

Subhanallah.  Cukup lengkap untuk dasar ilmu parenting ya. Tinggal dilanjut (atau bisa dibarengi) ilmu parenting lainnya sebagai pelengkap dan peluas khazanah ilmu parenting. Baca buku ini seperti tersambung dengan bahasan 3 ibu penggiat Homeschooling Muslim yakni teh Kiki Barkiah, teh Patra dan bu Ida di seminar yang diadakan oleh Sabumi beberapa waktu lalu. Referensi yang insyaallah terjamin sahih. Dan benar kata mereka, Islam itu pada dasarnya sudah meletakkan fondasi pendidikan yang fundamental bagi pendidikan dan tumbuh kembang anak.

Segitu dulu review saya terhadap buku ini. Bagi yang mau membeli secara Online bisa cari di Tokopedia. Sementara untuk area Bandung, saya sarankan beli di Gelap Nyawang aja. Saya berlangganan buku di Toko Buku Tazkia (pas belokan mau ke Salman). Kiosnya kecil, tapi harga bersaing karena biasanya ada diskon. Hehe. Ritel di Online sama dengan di TB, Cuma di TB ada diskon dan tanpa ongkos kirim.

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: