Pengabulan Doa Bagi Anak

Pengabulan Doa Bagi Anak

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku kabulkan (doa) bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina’” (Q.S Al-mu’min/Ghafir: 60)

Malam ini saya belajar tentang esensi sebuah doa dari Danisy, putra sulung kami. Usai shalat Isya Danisy merengek lapar dan minta mie instan. Kan udah lama Aa ga makan mie kuah, rajuknya. Ya, Aa tahu harus bagaimana kan, jawab saya sambil menuntunnya berdoa dan bershalawat.

Alasan yang saya dan suami kemukakan tentang tidak mengizinkan bikin mie kuah itu karena Danisy masih batuk. Tapi bingung juga nyari makanan karena ga ada nasi sebab satu dan lain hal 😀

Oke, selesai berdoa dan belum ada tanda izin mie instan turun akhirnya Danisy memilih ke kamar dan hampir saja tertidur. Jika bukan karena saya ingat dia belum minum obat, mungkin ga akan dibangunkan juga.

Dengan setengah merajuk, Danisy mulai beranjak ke ruang depan untuk memenuhi permintaan ummi minum obat. Dia tetap minta dibelikan mie instan. Tak lama terdengar ada suara tok-tok-tok. Yes, gayung bersambut.

“Coba cek, A. Itu tukang baso tahu bukan?” pinta saya pada Danisy.

“Iya baso tahu itu mah,” kata suami

Danisy bergegas membuka pintu dan mengecek apakah benar yang lewat adalah tukang baso tahu atau bukan.

“Iya mi, tukang baso tahu. Aa mau” Danisy setengah teriak mendekati saya.

Oke, kita beli baso tahu aja ya. Abis itu minum obat. Alhamdulillah ga usah beli mie instan dan rajukan berhenti.

Saat tukang baso tahu mempersiapkan pesanan kami, ada perbincangan singkat dengan si sulung. Perbincangan yang spontan.

“A, Aa ingat tadi berdoa sama Allah?”

“Iya, Aa inget. Aa minta makan, tapi Aa pengen mie kuah” ujar Danisy agak sedih

“terus kenapa yang dateng tukang baso tahu dan abi nyuruh Aa beli?”

“Ga tau. Tapi Aa mau baso tahu juga”

“Karena Allah tahu apa yang lebih baik buat Aa. Mie kuah itu ga terlalu bagus. Baso tahu masih mendingan. Allah pasti akan mengabulkan doa Aa. Tapi, tidak semua doa yang dikabulkan Allah itu harus sama dengan yang kita minta. Kadang sama Allah diganti dengan yang lebih baik.

Coba Aa pikirkan, siapa yang ngirim tukang baso tahu itu ke rumah? Padahal udah lama ga lewat kan ya?”

“Iya. Allah yang ngirim” jawab Danisy.

“Karena Allah tahu apa yang lebih baik buat Aa. Dan ga perlu pergi ke warung, tukang dagangnya lewat depan rumah. Enak kan?”

Danisy menyambut ucapan saya dengan sumringah. Baso tahunya habis lumayan banyak meski masih ada sisa. Lanjut minum obat dan bersiap tidur.

Percakapan singkat itu tanpa sadar keluar dari mulut saya seolah mengingatkan bahwa saya sendiri masih sering mendikte Allah untuk urusan doa. Apa yang saya minta, ya itu yang harus dikabulkan. Jika belum dikabulkan rasanya kok ya Allah ga juga ngabulin doa. Padahal bisa saja doanya sudah dikabulkan tapi dalam bentuk lain yang lebih baik menurut Allah untuk kita.

doa

Terkadang, anak kecil lebih baik dalam urusan doa dan tawakkal. Ia ikhlas, bersungguh-sungguh, dan husnuzhan pada Allah. Kalo saya pribadi kadang masih setengah yakin pengabulannya, terburu-buru ingin segera dikabulkan doanya, tidak menyerahkan sepenuhnya pada Allah (tawakkal) dan ikhtiarnya ga maksimal.

Meskipun ya ada juga doa yang tidak dikabulkan, semisal doa keburukan, makanan dan minuman yang masuk haram, syirik, lalai terhadap kewajiban, dsb. Ini bisa dianggap sebuah bentuk penolakan doa atau ditahannya doa karena ada penghalang antara doa dan pengabulannya.

Secara umum kita sudah tahu ada setidaknya 3 jenis pengabulan doa: dikabulkan tepat sesuai doanya meski kadang waktu dan detilnya tidak sama persis, dikabulkan tapi tidak sesuai dengan permohonan, dan ditangguhkan sebagai catatan di akhirat kelak.

Oke, segitu dulu catatan malam ini. Alhamdulillah dapet peringatan lagi dari anak-anak tentang hal-hal yang mungkin sudah lama dilupakan.

Selamat rehat teman-teman. Selamat menikmati akhir pekan sesuai dengan agenda masing-masing.

Salam hangat, Esa Puspita
Great Family Activator
Licensed STIFIn Promotor and Certified Trainer STIFIn
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru. Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: