Pengejar Angin, Sebuah Film Drama Berlatar Sumatera

Pengejar Angin

Film ini sekilas mirip dengan cerita Laskar Pelangi dengan konflik yang agak sedikit berbeda. Berlatar belakang tanah Sumatera yang terkenal dengan wataknya yang keras dan sekaligus juga membuat saya bergidik ketika mendengar cerita dari teman asli daerah sana. Scene dimulai dari perampokan sebuah bus lintas Jawa Sumatera yang memasuki area hutan paling rawan di Lahat.

Konfliknya tidak terlalu menegangkan atau berliku tapi cukup seru untuk ditonton. Menggambarkan kekuatan pencapaian mimpi dari seorang anak lelaki keluarga sederhana bernama Dapunta atau sering dipanggil Dapun.

Impian Dapun sederhana saja, ia ingin melanjutkan kuliah. Sayangnya, sang ayah yang merupakan ketua dari sindikat perampok Bajing Loncat itu, bersikeras tidak mengizinkannya. Sang ayah yang diperankan oleh Mathias Mucus ingin Dapun menjadi jawara melanjutkan kepemimpinannya.

Dapunta Pengejar Angin

Meskipun ayah Dapun adalah perampok, tapi ia adalah “orang baik”. Semua hasil rampok untuk membantu orang sekitarnya. Ia juga tak segan membela orang yang terancam dengan kemampuan beladiri yang luar biasa. Bahkan menjelang akhir cerita, sang ayah masuk koran karena menyelamatkan anak kecil dari ancaman seorang lelaki depresi dengan hanya beberapa gerakan saja. Sikap jawara sang ayah juga terbukti dari beberapa kejadian dimana saat kelompoknya hampir kalah, ia akan turut tangan tidak hanya menyaksikan dari kejauhan. Di scene akhir, ayahnya tertangkap karena ketika turun tangan usai pasukannya kalah, anggota pasukan yang dilumpuhkan itu diancam dengan pistol sehingga ayah Dapun pun menyerahkan dirinya dan dipenjara.

Konflik di sekolah berkutat seputar permasalahan yang mungkin terjadi juga pada sekolah pinggiran meskipun ia berlabel negeri. Dapun yang merupakan murid cerdas itu berkesempatan mengikuti olimpiade sains di Jepang dan kuliah dengan jalur undangan. Sayangnya slot jalur undangan yang dimiliki pihak sekolah ternyata sudah diberikan pada siswa lain oleh kepala sekolah. Sementara kepergiannya ke Jepang terancam batal karena sekolah tidak memiliki dana dan tidak memungkinkan untuk mengumpulkan dana dari siswa sebab di awal scene, ada bagian yang menceritakan salah satu wali murid memprotes sekolah atas sumbangan pekan olah raga.

Pak Damar diperankan oleh Lukman Sardi merupakan satu-satunya guru yang memperjuangkan Dapunta. Ia memiliki teman dekat yang merupakan seorang Coach di bidang olah raga bernaa Ferdi diperankan oleh Agus Kuncoro, dan sedang mencari calon atlit Sea Games. Damar memperkenalkan Dapun pada Ferdi dan takjub akan kemampuan Dapun dalam berlari. Di pertandingan lari antar sekolah se-provinsi Dapun akhirnya memenangkan posisi satu dan berhasil meraih rekor baru.

Sebelum pertandingan, Dapun menemui sang ayah di penjara. Ayah Dapun bercerita tentang asal mula ia diberi nama Dapunta yang merupakan nama raja pendiri kerajaan Sriwijaya. Ayahnya ingin Dapunta tumbuh menjadi seperti raja Dapunta, raja yang besar dan dicintai rakyat.

Ada scene dimana saking kesalnya dengan semua kejadian di sekolah yang puncaknya ia diminta untuk keluar dari sekolah setelah seluruh sekolah tahu bahwa Dapun adalah anak seorang perampok, Dapun memutuskan untuk melanjutkan jejak ayahnya yang dipenjara. Saat ia sudah bersiap memimpin pasukan merampok kendaraan yang lewat, Yusuf yang merupakan teman sekolah sekaligus musuh besarnya datang memberitahukan bahwa ibu Dapun masuk rumah sakit sehingga rencana perampokan perdana Dapun urung dilakukan dan ia berbalik menuju rumah sakit tempat ibunya dirawat.

Nasihat-nasihat yang diberikan sang ibu menjadi pelajaran tersendiri bagi saya. Pun nasihat sang ayah yang memegang teguh nilai jawara dimana Dapun tidak boleh menggunakan kemampuan beladirinya jika berhadapan dengan yang tidak memiliki kemampuan yang setara. Hal ini ditegaskan di scene saat Dapun dikeroyok teman sekolahnya setelah diketahui Dapun anak perampok.

Akhir cerita ditutup dengan diterimanya Dapun di Universitas Indonesia dan memenangkan juara lomba lari tingkat provinsi. Sang ibu yang sempat kehilangan nafas akhirnya berhasil selamat dan kembali hidup. Sementara sang ayah yang melarikan diri dari penjara, tidak jelas apakah memang meninggal saat lompat ke jurang dan ditembak polisi atau berhasil menyelamatkan diri dan kembali ke rumah karena ketika Dapun pulang ke rumah, ada sosok harimau di bawah air terjun dekat rumah dan Dapun berteriak “Bapung” (ayah).

Hikmah yang dapat saya ambil dari film ini:

  1. Seorang ayah, bagaimanapun memiliki peran penting dalam tumbuh kembang seorang anak baik kemampuan maupun cara berpikirnya.
  2. Peran ibu sudah tidak diragukan lagi. Ia mampu menjadi penyeimbang sang ayah. Sang ibu tetap menanamkan nilai kebaikan dan mendukung anaknya selama mimpi itu adalah hal yang baik.
  3. Dalam pencapaian mimpi, pengorbanan sudah pasti. Ini merupakan salah satu quote yang ada dalam filmnya: semakin tinggi mimpimu, semakin besar pengorbanan yang harus kau lakukan.
  4. Bahwa takdir buruk semata karena kita tidak dapat melihat apa yang akan terjadi Tetaplah dalam kebaikan agar kita dipertemukan pada takdir baik yang mungkin menjadi kado di balik permasalahan.
  5. Peran seorang guru yang bijak dan mampu melihat kelebihan dari sang murid adalah dukungan yang juga tidak bisa dianggap sepele.
  6. Peran sahabat juga menjadi hal yang menarik dalam film ini sebagaimana di film Laskar Pelangi
  7. Tak lupa selain peran ibu, ada peran perempuan yang bisa menjadi penyejuk, penyeimbang sifat berapi-api Dapun. Perempuan itu bernama Nyimas yang di film ini merupakan gadis yang disukai Dapun, putri seorang dokter (yang tidak saya ceritakan disini)

Film Pengejar Angin diproduksi oleh Putaar Production bekerjasama dengan Pemprov Sumatera Selatan. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan Hestu Saputra. Dirilis pada 3 November 2011.

Semoga makin banyak film Indonesia berlatar belakang asli Indonesia yang beredar. Meskipun tidak ada di televisi, setidaknya ada di situs-situs film (eh film Pengejar Angin ini ada di UseeTV).

Salam hangat, Esa Puspita
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *