Sikap Anak adalah Cerminan Sikap Orang Tua

Hampir setiap tindakan buruk anak (entah berupa kenakalan atau menerima kenakalan) bermula dari sikap orang tua. Sikap kita terhadap anak.

Karena sejatinya anak senantiasa belajar. Dan lingkungan terdekat untuk dia belajar (termasuk urusan sikap) adalah keluarganya, terutama orang tuanya.

Ketika anak membully orang, atau malah menerima bully-an temannya (tak melawan, cenderung diam membiarkan) sesungguhnya ada sikap kita sebagai orang tua yang kurang tepat dalam tumbuh kembangnya sehingga anak memunculkan sikap demikian.

Rabbi, atas doa anak-anak kami “rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shagira” kami berlindung padamu dari cara yang salah dalam mencintai anak-anak yang Engkau titipkan.

Agar kelak ketika mereka menengadahkan tangan, dan sampai pada kalimat “SAYANGI mereka SEBAGAIMANA mereka MENYAYANGIKU di WAKTU KECIL” menjadi doa yang indah bagi kami. Bukan sebaliknya.

Atas sikap dan tindakan tak baik kami pada anak-anak, berkenan kiranya Engkau mengampuni kami dan menetralkan memori yang terekam pada dirinya.

Agar ia tumbuh menjadi pribadi yang baik. Memiliki hati dan akhlak yang baik. Memiliki segala kebaikan yang Engkau berikan.

Agar ia dapat menahan diri dari menzhalimi orang lain, atau mampu membela diri kala orang lain menzhalimi dirinya.

Menahan, membantu orang lain agar tak menzhalimi siapapun termasuk dirinya.

Rabb.. Jadikan anak keturunan kami termasuk yang tidak lemah. Jadikan mereka generasi tangguh nan beriman teguh.

Aamiin..

Salam hangat, Esa Puspita
Great Family Activator
Licensed STIFIn Promotor and Certified Trainer STIFIn
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru. Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *