Tips Mengatasi Grogi Saat Tampil Depan Umum

Tips Mengatasi Grogi Saat Tampil Depan Umum

Hari ini Allah takdirkan saya menginjakkan kaki di Rabbani Cimahi. Sebagai pembicara di acara talkshow parenting dalam rangka milangkala (ultah) Bani Batuta Cimahi.

Ketika sampai di lokasi acara, semua terasa biasa. Tapi ketika memasuki ruangan di lantai 4 tempat talkshow akan berlangsung, mendadak muncul rasa grogi. Deg-degan melebihi biasanya.

Mengatasi Grogi

Subhanallah. Berkali-kali doa. Mohon ditenangkan sama Allah

“Rabbisyrahlii shadrii, wayassirlii amri, wahlul ‘uqdatan min lisaanii, yafqahuu qaulii” saya ulang-ulang doa itu. Masih gemeter, saya ambil wudhu.

Tiba-tiba Allah ingatkan lagi ilmu yang diberikan oleh salah satu guru kami, mas Rendy Rezha dan diingatkan kembali 2 hari lalu oleh dokter Ramadhanus.

Kurang lebih begini: “Ketika berbicara di depan umum, luruskan niat. Perluas niat kita. Kita disana bukan berarti kita lebih baik tapi Allah titipkan ilmu untuk disebarkan. Grogi itu muncul karena kita ingin kelihatan baik, takut salah.” maka saya berulang kali mengingatkan diri sendiri “saya diundang bukan karena saya lebih baik. Duh, banyak yang jauh lebih baik. Saya diundang karena Allah yang mempercayakan melalui teman sesama promotor STIFIn. Saya disini karena ini tugas dari Allah dan sudah melalui izin suami. Bukan karena lebih baik. Ga perlu ngerasa takut salah ngomong. Saya disini karena Allah yang menakdirkan, bukan karena saya baik atau lebih baik” begitu terus.

Lalu mengucapkan doa “ya Allah tuntun lisan hamba. Maafkan jika ada terbersit hal negatif. Tuntun hati hamba, temani selama acara. Titip segala sesuatu yang di luar kuasa hamba”

Memohon terus pada Allah. Serahkan, terima dan pasrah. La hawla wa la quwwata illa billah

Miracle Happen

Usai mengulang-ulang kalimat, “saya disini bukan karena lebih baik. Tapi karena Allah. Temani hamba, la hawla wala quwwata illa billah, rabbisyrahlii shadri dst” saat dipanggil ke panggung, groginya hilang. MasyaAllah.

Menundukkan diri di hadapan Allah, tidak merasa diri lebih baik, meluaskan niat, menjadi jalan keajaiban dari Allah turun berupa hilangnya grogi. MasyaAllah.

Dan ketika meluruskan niat, Allah memberikan bonus lain. Berupa kue, konsumsi, piagam, voucher belanja dan uang tunai. Hal-hal yang tidak saya duga sebelumnya. MasyaAllah walhamdulillah..

Salam hangat, Esa Puspita
Great Family Activator
Licensed STIFIn Promotor and Certified Trainer STIFIn
Follow instagram @esapuspita untuk update foto terbaru.Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: