WPS Office Program Office Gratisan Yang Enak Digunakan

WPS Office Program Office Gratisan Yang Enak Digunakan

Menjalani aktifitas sehari-hari di depan komputer membutuhkan aplikasi yang mendukung untuk memudahkan pekerjaannya. Bagi saya yang “hanya” membutuhkan 3 jenis aplikasi guna mendukung kinerja saya, maka bisa dikatakan bahwa WPS Office menjadi pilihan tepat. 3 aplikasi itu: Writer (Word, Document), Presentation (Powerpoint) dan Spreadsheet (Excel).

Kenapa WPS Office?

Sebelumnya saya tidak mengenal aplikasi “office” kecuali 2 “merk” saja: Microsoft Office dan Open Office. Satu berbayar, satu gratis.

Dulu, jaman masih senang mencoba-coba, saya pake Linux. Tapi dalam beberapa hal, akhirnya saya menyerah. Haha.

Kantor tempat terakhir saya bekerja menggunakan produk Microsoft serba ori. Mulai dari sistem operasi hingga program-programnya. Hal ini membuat idealisme pengen pake produk ori dalam diri saya jadi menguat.

Maka ketika akhirnya resign dari pekerjaan, saya memastikan produk dalam laptop pun semuanya original sehingga salah satu syarat pencarian laptop kala itu adalah: sistem operasi ori, dapet office ori juga.

Pilihan kala itu jatuh pada Acer One 10 yang akhirnya membuat saya ingin menangis. Pasalnya, laptop itu tak berusia lama. Yang saya tangisi bukan sekadar laptop, tapi program di dalamnya. Hiks.

WPS Office, Free dan Tampilan Eye Catchy

Saya menggunakan WPS office masih di tataran ponsel. Kala itu, aplikasi office yang kompatibel di hp dengan fitur yang cukup baik adalah aplikasi ini. Dan masih terinstall hingga sekarang.

Pencarian program office free dengan fitur cukup dan tampilan bagus untuk penggunaan di laptop/PC tak diseriusi karena saat menggunakan laptop dari suami, di dalamnya sudah ada produk Office original. Sayangnya saat akhirnya harus merelakan lagi, mau tidak mau ya harus cari laptop baru.

Pilihan jatuh pada laptop ASUS seri X441N. Sederhana saja alasannya: laptop yang saya cari hanya akan digunakan untuk tes STIFIn dan menulis. Saya tidak membutuhkan laptop yang terlalu tinggi spesifikasinya. Budget maksimal 4 juta dengan harus sudah ter-install sistem operasi Windows original. Dan hal lain yang membuat saya jatuh cinta adalah warna tosca-nya yang menawan (terbukti membuat beberapa klien tes STIFIn dan teman saya kepincut sampe gagal fokus sama laptop. Hihi).

Suami pun melakukan pencarian yang cukup alot. Syukurlah beliau memutuskan mencari sendiri laptopnya. Lebih cepat dan efisien jadinya.

Alhamdulillah ternyata WPS menjadi salah satu program built-in. Jadi penggunaan WPS di laptop tidak sengaja.

Di awal menggunakan laptop ini, saya tetap meng-install Microsoft Office, versi trial tentu saja. Meskipun saat saya googling ternyata Microsoft sekarang meluncurkan program gratisan dan untuk program trial yang saya punya kala itu juga harga bulanannya murah sih sebetulnya. Tapi karena clash atau apalah waktu itu, akhirnya saya tidak membelinya dan mencoba WPS secara berkesinambungan.

Memang di luaran sana banyak aplikasi office gratis, tapi karena sudah ada yang built-in terinstall otomatis jadi saya tidak menyengajakan untuk mencari lagi. Ibaratnya nih, udah ada yang memenuhi standar kebutuhan, untuk apa mencari yang lain? 😀

Pilihan untuk tetap menggunakan WPS Office pun karena tampilan user interface-nya mirip dengan office dari Microsoft. Berbeda dengan Open Office yang meskipun mirip juga, tapi tampilannya terasa menggunakan program Office jaman dulu. Heuheu.

Saat saya memperhatikan setiap starting program, ternyata WPS office ini sudah ada sejak tahun 1988. Wow. Sudah lama sekali ya ternyata. Tapi saya baru tahu.

Fitur Free WPS Office

WPS Office sebetulnya menyediakan versi premium dimana semua fitur tambahan (dan mungkin advance) lengkap disediakan. Termasuk fitur print.

Wah, jadi tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen dong Teh?

Bisa kok. Tinggal klik aja tombol Print, akan muncul pop-up message berupa pilihan: lihat iklan atau beli lisensi. Klik bagian “Watch Advertisement” maka kita bisa menggunakan fitur print selama kurang lebih 1 jam. Nonton iklannya sebentar, tidak terlalu lama kok.

Kalau butuh print lebih dari 1 jam? Lakukan lagi cara yang sama.

Jika hanya digunakan untuk mengetik, membuat tabel dan hal-hal mendasar sederhana lainnya, versi free WPS Office cukup mumpuni. File yang disimpan pun bisa menggunakan jenis file (extension) yang sama dengan Microsoft office terbaru (mendukung docx, xlsx dan pptx).

Fitur versi gratis di program Writer (Word kalo di Microsoft) misalnya, mengubah jenis dan ukuran font, bold italic underline, bullet and numbering, heading dll sudah bisa digunakan. Jadi sejauh ini saya belum memutuskan untuk membeli versi premium.

Kalau teman-teman suka dengan template-template baik di Writer, Spreadsheet maupun Presentation, memang harus membeli lisensi agar mendapat akses premium. Saya sendiri, menahan untuk hal-hal additional (tambahan) semacam itu. Selama fungsi dasarnya sudah ada, cukup.

Bagaimana dengan Tampilan User Interface WPS Office?

Hanya butuh sedikit adaptasi untuk beberapa tampilan saja. Itupun menu yang tidak terlalu sering digunakan. Selebihnya, mirip dengan Office dari Microsoft.

Misal untuk open file, save, print dan print preview terletah bersebelahan (sejajar) dengan tab dokumen. Setiap kali membuka atau membuat file baru, tidak ditampilkan terpisah melainkan berbentuk tab-tab sehingga kalau mau copy-paste dokumen untuk ditulis ulang (rewrite article) tidak bisa menggunakan fungsi Alt+Tab 😀 Tapi toh itu tidak terlalu urgent juga sih sehingga mengurangi fungsi. Bisa diakali dengan cara lain.

Jadi jika teman-teman mencari aplikasi/program office yang kompatibel dengan Windows dan gratis, saya sih merekomendasikan WPS Office. Mau beli versi premiumnya pun hanya 29-an dolar per tahun. Pas promo kemarin malah cuma 9 dolar sekian. Hihi..

Contoh tampilan awal blank document Presentation alias Powerpoint
Contoh tampilan awal blank document Presentation alias Powerpoint

Contoh tampilan awal saat Presentation dibuka

Selamat mencoba ya ^_^

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrinstagram

2 pemikiran pada “WPS Office Program Office Gratisan Yang Enak Digunakan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: